Sunday, February 21

KAGET DIDIAGNOSIS POSITIF COVID-19! TERPAKSA ISOLASI DI KOTA ORANG (AKU SANGAT MANDIRI)

Hai, ini tulisan pertamaku di tahun 2021. Terlalu banyak yang terjadi di tahun 2020, setengah tahunnya kurang bersemangat buat aku ceritakan. Sebenarnya tulisan yang mau aku tulis ini udah terpikirkan dari bulan lalu dan karena kerjadiannya juga bulan lalu sih. Hmmm... tapi, mengembalikan mood itu sulit ternyata. Pindah kota bikin aku jetlag bun.

Per Bulan Maret 2020 lalu, ada sejarah penyakit baru yang bener-bener berdampak pada banyak aspek di Indonesia. Sebenernya ngga cuma di Indonesia sih, tapi seluruh dunia! Namanya COVID-19, Corona Virus Disease 2019 yang ditemukan pada tahun 2019 dan mulai UP di bulan Desember 2019.

Berhubung dari Januari 2020 aku kerja di Puskesmas, jadi dari bulan Maret bener-bener ngejaga untuk ngga ke mana-mana. Selain takut kalau jadi carrier atau pembawa terhadap virus tersebut dan nularin ke orang. Aku juga ngerasa ngga ada waktu juga sih bun, sibuk bener ngurusin copit. Ditambah pasca bulan Juli 2020 aku yang drop banget. Jadi bener-bener ngga tau keadaan per-mall-an sekitar rumah. Ngga pernah ke mana-mana. Bener-bener cuma ngerasain di Depok-Jakarta aja, bahkan ke Bogor pun ngga pernah. Gilack sih ya, kelabu banget tahun 2020.

Sekitar bulan Agustus apa September ya, aku ke Margo City (mall dekat rumah Depok) sama ibu. Niatnya mau traktir ibu es krim di Shirokuma, ternyata Shirokumanya tutup. So sad 😒

Di situ baru lah sadar, kalau ternyata perekonomian jadi terpuruk banget. Banyak yang kena PHK, toko-toko banyak yang tutup. Sedih banget ngeliat Margo City dan Detos jadi sepi banget.

Sebagai tenaga kerja yang ngga kena dampak COVID-19, jadi merasa apatis tapi ngga bisa berbuat apa-apa. Semoga tahun 2021 ini lebih ceria ya bun, dan COVID-19 segera musnah dari muka bumi ini aamiin

Wow intro aja udah panjang ya bun πŸ˜€

Di akhir tahun udah muak banget ngurusin ini, sempet bilang mau isolasi di wisma makara UI aja kalau misalnya positif. Karena nyaman bun fasilitasnya, disamping itu juga udah ngerasa, “yaudah lah kalau positif”. Padahal tuh di bulan Desember sempet kontak erat sama 2 orang terkonfirmasi yang bener-bener erat. Cie erat πŸ˜€

TAPI WHY WHY HASILNYA TETEP NEGATIF??? Aku tuh mau istirahat 😝

Dan jeng..jeng..jeng.. setelah pindah kota dan beberapa kali bolak balik dari Depok ke Salatiga. Malah kecolongan positif dong. AH. Bener-bener positif yang tidak diharapkan

Gimana ya sendirian di kota baru, kenal deket sama orang di sini juga ngga woi. Mantap lah. Selalu lagi dan lagi awal tahun punya cerita yang “menarik”.

Nah, setelah dikabarin kalau positif dan harus isolasi, akhirnya memutuskan untuk isolasi di RSS (Rumah Singgah Sehat) di Kota Salatiga. Isoman di kosan kurang memungkinkan, dan mikirnya lumayan ngirit makan 😁

Penampakan Gedung RSS Kota Salatiga. Horor juga ya

Di malam pasca dikabarin kalau positif jujur aja sempet frustasi banget. Kayak yang, woi gilack kenapa positifnya pas di sini? terus mikirin ibu di Depok gimana ya, mikir juga gimana respon orang-orang sini. Karena jujur dari awal meski tau bakal tinggal di Kota, tapi tetep aja udah ter-“mindset” kalau di sini tuh masih primitif wkwk. Jadi khawatir banget sama sanksi sosialnya 

Untunglah Puskesmas tempat aku akan bekerja, dan kebetulan aku juga masih domisili di wilayah kerja mereka, jadi bener-bener di”tolongin”. Pokoknya lancar pas tanggal 9 Januari 2021 sekitar jam 10 pagi. Aku masuk bareng 2 orang lain yang dijemput pakai ambulans. Sebelum masuk kamar, kami di-screening kesehatan dulu sama perawat yang lengkap dengan APD.

“Wow mimpi apa aku semalam?” gumamku dalam hati.

Di sana kami juga dikasih “pasien COVID-19 kit”, isinya handuk, sabun mandi cair lifebouy, sikat gigi, detergen, botol minum, shampo, odol, sabun cuci tangan cair, dan sajadah. Entah harus bahagia apa gimana dapet peralatan-peralatan itu.

Pasien COVID-19 Kit

Aku juga ganti sprei sendiri. Beli sendiri di luar, minta anter gojek. Pas udah mau keluar baru tahu kalau bisa minta sprei baru, dan ternyata di lantai 1 kasurnya empuk. Kzl.

Kamar Isolasi

Ini penampakan kamar isolasi. Itu kasur 4 diisi cuma buat 1 orang. Enak men. Tapi tetep aja kasurnya keras. Kayak hidup.

Penginapan yang ada mountain view-nya di Kota Salatiga😊

Petugas kesehatan selama isolasi di RSS rata-rata (apa semuanya ya malah) adalah perawat. Setiap pagi dan sore kami selalu di screening kesehatan (tensi, HR, dan respirasi) rutin, dengan jadwal perawat yang berbeda. Tapi semua perawat di sana baik dan ramah dan tentu saja sabar. Karena yang namanya pasien pasti ada aja ya bun yang bawel dan rese ehehe (tentu saja bukan aku, aku kan kalem dan pendiam).

Oia lupa, hari pertama masuk RSS kami langsung dimasukkan ke dalam grup khusus pasien isolasi gitu. Grup itu untuk menginfokan ke kita kalau makan pagi, siang, dan sore udah ada. Selain info tentang makan, juga kalau ada info lain tentang cek kesehatan atau misalnya ada kiriman paket. Kemaren retainer gigi juga aku request kirim ke RSS dari dokter gigiku yang baik hati. Karna ongkirnya beliau yang nanggung 😊

Grup Keluarga Cendana(?)

Perihal makan sebenernya sehat dan enak dan porsinya banyak (tapi di awal aja sih yang nasinya kayak porsi kuli). Buah dan snack juga melimpah. Tapi mungkin nih karena kamar mandinya bareng, dan akutu parno banget sama pasien isolasi yang masih batuk kering. Aku ngerasa stres dengernya dan khawatir tiap ke kamar mandi. Batuk kering itu juga nyiksa banget. Aku yang denger aja sampe stres sendiri (lebay sih). Ini diagnosa sendiri sih, kadang mau pup tuh kayak susah ahahah apasih. Padahal kan sayur dan buah tiga kali sehari ya bun. Apa juga karena sayurannya sering yang bersantan gitu? Apakah mungkin?

Makanan selama Isolasi :)

Buat kamar mandinya sebenernya kurang oke banget sih, tapi pas ada emak-emak yang ngebersihin alhamdulillah jadi mendingan. Dan itu tadi “kamar mandinya bareng” AHAHAHA. Temenku juga kemaren ada yang ke kunci di kamar mandi malem-malem LOL sampai heboh. Ditambah kalau malem ada kelelawar sayapnya hitam. Asli kalau bisa liat penampakan, kayak ada deh hantunya. EMANG ADA SIH CEUNAH ehehe Sayang ngga ada fotonya sih. Buat nyuci baju sebenernya ada fasilitas mesin cuci juga tapi di lantai 1, kemaren itu aku dapet di kamar lantai 2, males banget bawa baju kotor terus nyuci di bawah. Jadi nyucinya di kamar mandi. Disediain ember dan tempat ngejemur juga di atas, tapi kudu nunggu 2 harian baru keringπŸ˜…

Anak Kucing sadar kamera

Setiap pagi dan sore ada petugas yang rutin nyemprot desinfektan dan ngepel kamar kita. Jadi biasanya kalau pagi kan kita keluar berjemur bareng tuh sambil peregangan dikit-dikit (muter-muter lapangan depan RSS). Nah disitu ada yang ngepelin kamar kita. 

Niqmat bukan kehidupan di kamar isolasi? Makan dimasakin, kamar dibersihin, hidupnya cuma makan-tidur-ketawa-nonton πŸ’•πŸ’•

Di balik syoknya aku harus isolasi di RSS, tapi seneng karena ngerasa punya keluarga dan temen baru. Alhamdulillahnya ketemu cpns dinkes juga yang tiba-tiba ngechat WA, jadinya ngga terlalu mati gaya karena kurang paham bahasa Jawa.

Sempet ada anak kecil namanya Joshua panggilannnya Ua, dia bener-bener mood booster banget sih. Karena tiap hari selalu happy lari-larian sambil disuapin ibunya sarapan. Aku yang awalnya ngga terima karena sempet positif, tiap liat Ua dan sharing bareng bapak-bapak, Evi (temen se-CPNS), mas-mas tentang gimana proses mereka masuk sini dan keluh kesah mereka sama pelayanan puskesmas dan yankes di kota ini, jadinya lebih merasa ikhlas. Belum lagi ada yang cerita ngga boleh ngekos lagi di kosan. Ih macem-macem lah pokoknya. Awal ada di kota ini jadi tau cerita yang ada-ada aja.

Pindah Hotel Naik Alpard hehe

Nah, terus H-1 sebelum pulang, tempat isolasinya dipindah dong LOL. Di gedung Sinode namanya. Nah pas dipindah ini tempatnya lebih nyaman bun. Kasurnya empuk, bersih, kamar mandinya juga bersih banget. Lingkungannya kayak lagi ada di puncak. Jadi kayak liburan. Sedih tapi H-1 baru merasakan kenikmatan itu.




Gedung Sinode (RSS) Tempat Isolasi COVID-19 di Kota Salatiga

Pas dipindah ada mas-mas yang ngakunya cuma suka duren, ngehibahin jeruk mandarin yang asem-asem ke aku. Karna kemaren sempet susah pup, jadi pas dia nawarin buah, aku mintanya jeruk aja. Tapi tetep aja bun ngga terlalu ngefek.

Temanku Nilep Susu Sapi. Aku tidak karna aku anak baik, tapi boong

Lama aku isoman 10 hari, dihitung dari tanggal kedua aku di swab yang cukup menyiksa itu. Baru ini di swab rasanya gamau di swab lagi wkwkwk. Aku masuk RSS tanggal 9 Januari, pulang tanggal 16 Januari. Oia mau titip salam juga sama pendiri netflix, aku sangat cinta.

Bonus gigi baru

Perihal kalian percaya atau ngga sama COVID-19, aku cuma bisa kasih pesan kalau efeknya beda-beda tiap orang. Kebetulan aku kemarin ngga ada gejala. Beberapa kenalanku yang positif ada yang ngga bergejala juga, ada yang anosmia (kehilangan indra penciuman), ada yang ngga bisa ngerasain makanan, ada yang demam pusing sampai merah banget mukanya. Itu untuk gejala di orang yang bukan lansia dan tanpa komorbid. Pokoknya efeknya beda-beda. Inget, kalau bisa dijaga jangan sampai positif, biar bisa ngerasain di vaksin COVID-19, terus bikin story pakai kartu vaksin covid, captionnya “aku sudah di vaksin, kamu kapan?”

Ehehehe, motivasi macam apa itu?

Fyi, sebenernya yang udah pernah positif juga bisa divaksin sih, tapi udah lah ngga usah nambahin jumlah kasus 😊😊

Sekian tulisan aku yang sangat bermanfaat ini. Semoga bisa dipetik hikmahnya, aamiin.

With love❤,



No comments:

Post a Comment

KAGET DIDIAGNOSIS POSITIF COVID-19! TERPAKSA ISOLASI DI KOTA ORANG (AKU SANGAT MANDIRI)

Hai, ini tulisan pertamaku di tahun 2021. Terlalu banyak yang terjadi di tahun 2020, setengah tahunnya kurang bersemangat buat aku ceritakan...

Mario Walking Mario Walking Heart Chat Bubble Mario Walking